Rabu, 04 Januari 2012

Agama Islam

 v      Pengertian Agama
Ada tiga istilah yang dikenal berkenaan dengan agama, yaitu agama, religi, dan din. Secara etimologi, kata agama berasal dari bahasa Sansakerta, yang berasal dari akar kata gam artimya pergi. Kemudian akar kata gam tersebut mendapat awalan a dan akhiran a, maka terbentuklah kata agama artinya jalan. Disamping itu, ada pendapat yang menyatakan bahwa kata agama berasal dari bahasa Sangsekerta yang akar katanya a dan gama. A artinya tidak dan gama artinya kacau. Jadi, agama artinya tidak kacau atau teratur. Maksudnya, agama adalah peraturan yang dapat membebaskan manusia dari kekacauan yang dihadapi dalam hidupnya, bahkan menjelang matinya.
Secara terminologi, agama, religi, atau din ialah suatu tata kepercayaan atas adanya yang Agung diluar manusia, dan suatu tat penyembahan kepada yang Agung tersebut, serta suatu tata kaidah yang mengatur hubungan menusia dengan yang Agung, hubungan manusia dengan manusia dan hubungan manusia dengan alam lain, sesuai dengan tata kepercayaan dan tata penyembahan tersebut.
v      Unsur-Unsur dalam Agama
Ada empat unsur penting dalam agama, yaitu :
1.      tata pengakuan atau kepercayaan terhadapa adanya sesuatu yang Agung,
2.      tata hubungan/penyembahan terhadap sesuatu yang Agung itu dalam bentuk ritus, kultus dan pemujaan,
3.      tat kaidah/doktrin
4.      tata sikap terhadap kehidupan dunia.
v      Konsep manusia menurut Agama Islam
Konsep manusia menurut agama sangat berbeda dengan konsep manusia modern. Agama mengajarkan bahwa manusia adalah makhluk yang diciptakan oleh Tuhan. Ia berasal dari-Nya dan akan kembali kepada-Nya. Manusia terdiri dari aspek fisik dan aspek batin (ruh/jiwa) yang masing-masing kebutuhannya harus tercukupi. Mengabaikan salah satunya akan membuat manusia terasing dan mengalami kehampaan hidup.
Menurut agama Islam, manusia adalah makhluk yang mulia. Manusialah satu-satunya makhluk Allah SWT yang ditunjuk sebagai wakil-Nya (khalifah) dimuka bumi. Untuk tugasa ini, manusia diberi bekal, satu kelebihan yang tak diberikan Allah kepada makhluk lain. Manusia yang baik adalah mereka yang mampu menjalankan tugas ini dengan baik, Mereka adalah hamba-hamba yang taat kepada-Nya, menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Mereka adalah hamba-hamba yang senantiasa memenuhi kewajibannya kepada Allah dan kedada sesama.
Jadi dengan demikian Menurut agama Islam. Manusia adalah
1.      makhluk yang terdiri dari jiwa/ruh dan raga
2.      raga bersifat fana/rusak sedangkan ruh senantiasa abadi
3.      Manusia diciptakan Allah dari tanah selanjutnya dari air mani
4.      manusia adalah makhluk yang paling mulia jika dibandingkan mahluk lin, namun terkadang ia terperosok ke dalam kehinaan
5.      kehidupan manusia di dunia hanyalah ujian untuk mengapai lehidupan kekal diakhirat
6.      manusia pada hakikatnya selalu condong kepada kebaikan.


Untuk lebih lanjut silahkan lihat vidoe berikut ini tentang agama islam .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar