Rabu, 04 Januari 2012

Landasan Pendidikan

 v      Pengertian Landasan Pendidikan
Dalam kamus besar bahasa Indonesia, Landasan diartikan sebagai alas, dasar, tumpuan, atau fundasi. Dari pengertian tersebut dapat kita simpulkan bahwa landasan adalah suatu alas atau dasar pijakan dari satu hal ; suatu titik tumpu atau titik tolak dari suatu hal; suatu fondasi tempat berdirinya suatu hal.
Pendidikan pada hakikatnya tiada lain yaitu humanisasi. Tujuan pendidikan adalah mewujudkan manusia yang ideal atau manusia yang dicita-citakan sesuai nilai-nilai dan norma-norma yang dianut. Dengan demikian pendidikan adalah proses bimbingan atau tuntutan seorang ahli pendidik kepada peserta didik menuju kearah yang diinginkan.
Dari penjelasan sebelumnya, data disimpulkan bahwa landasan pendidikan adalah seperangkat asumsi-asumsi yang dijadikan ttik tolak dalam rangka pendidikan.

v       Hakikat pendidikan dan Ilmu Pendidikan
·        Pengertian Pendidikan
yaitu aktivitas yang dilakukan manusia dewasa secara sadar dan terencana yang bertujuan menuntun pertumbuhan dan perkembangan anak baik secara jasmani maupun rohani sehingga menjadi manusia secara fisik dan mental.
·        Pengertian Ilmu pendidikan
1.      Ilmu bagian dari pengetahuan yang diperoleh melalui metode ilmiah. Ilmu sudah pasti pengetahuan tetapi pengetahuan belum tentu ilmu. Karena ilmu bersifat empiris dan akurat serta dapat dijabarkan secara sistematis dan dapat diteliti, sedangkan pengetahuan bukan bagian dari ilmu dan tidak dapat diteliti.
2.      Pendidikan menunjukan suatu proses bimbingan, tuntutan atau pimpinan di dalamnya terdapat unsur-unsur :
a.       Didalamnya ada pendidik dan peserta didik
b.      Adanya tempat dan wakti atau ada dilingkungan yang dapat ditempati untuk proses pembimbingan
c.       Ada sebuah tujuan dan hasil yang akan dicapai dari sebuah bimbingan tersebut.
d.      Berlangsung dalam waktu yang cukup lama namun disesuaikan dengan kondisi peserta didik dan lingkunganya
e.       Metode pendidikan sesuai dengan tingkatan atau jenjang peserta didiknya.

v      Pengertian Pendidik dan Tujuan Pendidikan
·        Pengertian Pendidik secara luas adalah orang dewasa dalam lingkungan masyarakat yang bertanggung jawab untuk mendidik anak sebelum dewasa untuk mencapai tingkat kedewasaan.
·        Tujuan Pendidikan
a.       Tujuan Umum (tujuan sempurna, tujuan akhir atau tujuan bulat)
Tujuan umum dalam pendidikan menjadi tanggung jawab orang tua atau pendidik lain yang telah ditetapkan oleh pendidikan dan biasanya dihubungkan dengan kenyataan yang ada pada peserta didik itu sendiri.
b.      Tujuan Tidak Sempurna /  Tidak Lengkap
Tujuan tak sempurna atau tidak lengkap ialah tujuan yang berkaitan dengan segi kehidupan manusia yang hendak dicapai dengan pendidikan tersebut, seperti keindahan, kesusilaan, keagamaan, kemasyarakatan, dan seksual.
c.       Tujuan Sementara
Tujuan ini bersifat sementara masih bisa mengubahnya dan bertolak pada tujuan umum. Misal : anak dilatih agar berhasil dalam pendidikannya, dan anak belajar bicara.
d.      Tujuan Perantara
Tujuan untuk mencapai tujuan yang lainnya atau sebagai tujuan perantara antara tujuan yang telah tercapai ke tujuan yang belum tercapai.
e.       Tujuan Insidental
Tujuan pendidikan yang akan dicapai dengan menggunakan peristiwa yang sifatnya insidental. Tujuan incidental bersifat permanent dan lebih mengubah jati diri seorang anak. Misalnya : hari kemerdekaan RI (rasa cinta tanah air).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar